Kamis, 23 Oktober 2008

PASAR MODAL

Asep M. Ramdan

PENGERTIAN

Pasar modal merupakan salah satu bagian dari pembangunan sebuah negara yang sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu negara. Pasar modal merupakan bagian dari tabungan masyarakat.

Menurut Siswanto Sudomo adalah :

Pasar modal adalah pasar dimana diterbitkan serta diperdagangkan surat-surat berharga jangka panjang, khususnya obligasi dan saham.

Menurut Marzuki Usman adalah :

Pasar modal adalah pelengkap disekitar keuangan terhadap dua lembaga lain yaitu bank dan lembaga pembiayaan. Pasar modal memberikan jasanya yaitu menjembatani hubungan antara pemilik dana dalam hal ini disebut sebagai pemodal ( investor ), dengan peminjam dana dalam hal ini disebut dengan nama emiten ( perusahaan yang go publik ). Para pemodal meminta instrumen pasar modal untuk keperluan investasi portopolionya sehingga pada akhirnya dapat memaksimumkan penghasilan.

KEPRES No.52 Tahun 1976, tentang pasar modal, Bab 1 pasal 1 :

Pasar modal adalah bursa efek, bursa-bursa perdagangan di Indonesia yang didirikan untuk perdagangan uang dan efek. Bursa adalah gedung atau ruang yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek.

Efek adalah setiap saham, obligasi atau bukti lainnya, termasuk sertifikat atau surat pengganti serta bukti sementara dari surat-surat tersebut, bukti keuntungan dan surat-surat jaminan, opsi, obligasi atau bukti pernyataan dalam modal atau pinjaman lainnya serta setiap alat yang lazim disebut efek.

Menurut U Tun wai & Hugh T.patrik :

Pasar modal adalah pasar terorganisir yang mmperdagangkan saham-saham dan obligasi dengan memakai jasa makelar, komisioner dan underwriter.

KARAKTERISTIK PASAR MODAL]

Basjiruddin A. Sarida, 1981:

1. Dari Sudut Pandang Pemakai Dana

Di Indonesia pemakai dana adalah perorangan, pemerintah dan perusahaan, sedangkan di AS pemakai dana adalah perorangan, perusahaan. Pemerintah federal, pemerintah negara bagian, dan peminjam asing.

Perorangan : Dana dari Bank, Asuransi, dll.

Perusahaan :Dana dari Bank, Asuransi, serta dari pasar modal dengan mengeluarkan obligasi dan saham.

Pemerintah : Dana dari Bank serta dari pasar modal dengan mengeluarkan kertas perbendaharaan negara dan obligasi negara.

2. Dari Sudut Pandang Jenis Instrumennya

Hutang jangka menengah dan panjang (obligasi) dan modal sendiri (equity/saham).

Di Amerika Serikat surat hutang (notes) perorangan diperusahaan, obligasi badan usaha, obligasi negara dan saham perusahaan.

3. Dari Sudut Pandang Jatuh Tempo

Untuk transaksi surat berharga yang jatuh temponya <>

4. Dari Sudut Pandang Sentralisasi

Di Indonesia pasar modal diselenggarakan oleh BAPEPAM (badan pelaksana pasar modal) secara sentralistik baik BEJ/BES.

5. Dari Sudut Pandang Transaksi

Transaksi terjadi dipasar terbuka (open market) dan tidak langsung melalui broker dan dealer.

6. Dari Sudut Pandang Mekanisme

Penawaran terjadi dipasar perdana dan di pasar sekunder/bursa. Di Indonesia, harga suatu efek pada pasar perdana dirundingkan bersama oleh penjamin emisi dan perusahaan yang menerbitkannya, dan setelah mendapatkan persetujuam dari BAPEPAM ditetapkan sebagai harga penawaran umum pada masa penawaran umum atau pada harga perdana.

Sedangkan transaksi pada pasar sekunder atau bursa, berlaku harga atau kurs efektif yang dibentuk oleh kekuatan permintaan dan penawaran terhapdap suatu jenis efek.

PERANAN PASAR MODAL DALAM DUNIA BISNIS

1. Pasar Modal Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Kinerja dunia perbankkan dalam menyalurkan dana ke masyarakat dirasakan masih kurang optimal. Pasar modal dapat melengkapi peranan system perbankan sebagai alternatif sumber pembiayaan sehingga ikut mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Sampai April 2004, jumlah dana pihak ketiga di perbankan nasional mencapai sekitar Rp. 840 triliun. Dari jumlah ini yang disalurkan dalam bentuk pinjaman hanya mencapai Rp. 454 triliun. Menurut data dari Bank Indonesia (BI), rasio kredit terhadap deposito (lending to deposit ratio/LDR) hanya mencapai 43,7 persen sampai dengan akhir tahun 2003. angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan keadaan di negara-negara tetangga kita.

Di Thailand misalnya, LDR mencapai 52..3 persen pada Tahun 2.003. lebih jauh lagi, penyaluran dana yang ada disistem perbankan ke kegiatan investasi perusahaan belum terjadi secara optimal.

Walaupun telah terjadi pertumbuhan kredit yang cukup signifikan pada Tahun 2004, pertumbuhan ini terutama terjadi pada kredit konsumsi.

Akibatnya, sampai dengan bulan April 2004 pangsa dari kredit konsumsi meningkat samapi dengan 33,7 persen dari total kredit rupiah yang disalurkan oleh perbankan. Sedangkan pangsa untuk kredit investasi hanya mencapai 17,9 persen.

Sementara itu, usaha BI untuk memberi stimulus moneter dengan menurunkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) belum memberikan dampak yang terlalu signifikan terhadap kegiatan berinvestasi.

Hal ini mungkin berhubungan dengan fakta bahwa suku bunga pinjaman tidak turun setajam suku bunga SBI, sehingga insentif kalangan bisnis untuk melakukan kegiatan investasi tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Akibatnya, ada cukup banyak dana masyarakat yang tidak digunakan secara optimal untuk menunjang pertumbuhan ekonomi.

Salah satu solusi alternatif untuk mengoptimalkan penyaluran dana masyarakat adalah dengan menciptakan pasar modal yang likuid. Pasar modal (pasar saham dan obligasi) dapat berlaku sebagai sumber pembiayaan alternatif selain bank. Tersedianya sumber pembiayaan alternatif, bukan saja kana membantu memuluskan pendanaan perusahaan, tetapi juga mendisiplinkan tingkah laku perbankan dalam memberikan pinjaman.

Misalnya dunia perbankan akan lebih serius dalam menghitung suku bunga pinjaman yang diberikan akan lebih merefleksikan resiko kredit dengan lebih akurat. Hal ini dsebabakan calon pinjaman akan lari ke pasar modal bila suku bunga yang ditawarkan bank terlalu tinggi.

Karena pasar modal lebih responsive terhadap perubahan kebijakan suku bunga, kompetisi antara bank dan pasar modal akan dapat membuat suku bunga pinjaman perbankan dapat turun/naik lebih cepat sesuai dengan kebijakan otoritas moneter.

Untuk dapat berperan dengan optimal dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, pasar modal haruslah likuid. Pada umumnya investor enggan melakukan komitmen investasi berjangka panjang, dan lebih merasa aman dengan investasi berjangka lebih pendek.

Pasar modal yang likuid dapat mengurangi keengganan melakukan investasi dalam proyek berjangka panjang, karena investor dapat menjual saham/obligasi yang dimilikinya (karena kebutuhan dana yang mendesak) dengan mudah.

Disamping itu, pasar modal (saham dan oblgasi) yang likuid memberikan kemudahan kepada investor untuk melakukan investasi pada instrumen-instrumen dengan resiko dan imbal hasil (return) yang lebih bervariasi. Dengan kata lain, investor dapat melakukan diversifikasi/alokasi asset dengan lebih baik.

Sementara itu, dunia usaha dapat memperoleh akses yang permanen ke dana jangka panjang dengan melalui penerbitan saham ataupun obligasi.

Dengan demikian, suatu bursa saham yang likuid akan dapat membantu dunia usaha untuk pembiayaan proyek berjangka panjang yang memberikan return yang lebih tinggi. Kegiatan investasi ini pada akhirnya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

2. Peranan Investor Lokal

Selain itu, sruktur pasar modal kita masih sangat didominasi oleh pemodal asing. Negara-negara lain dikawasan ini mempunyai keseimbangan yang lebih baik karena pasar modalnya didukung oleh pemain local, terutama oleh investor ritel. Jumlah investor di BEJ hany mencapai sekitar 120.000 sub account dan dari jumlah itu investor local mungkin tidak lebih dari setengahnya. Meski kontribusi local terhadap perdagangan mulai meningkat, namun investor asing tetap menjadi pemicu kenaikkan maupun penurunan bursa kita.

Tambahan lagi, pasar modal kita masih sering dianalogikan sebagai arena judi dan bukan sebagai sarana investasi. Ini berdampak buruk bagi citra pasar modal karena pola piker seperti itu meningkatkan fluktuasi pasar yang tidak perlu dan sering merugikan investor minoritas.

Dana pensiun merupakan pemodal domestik pasar saham yang potensial. Namun, kebijakan investasi dana pensiun yang cenderung konservatif membatasi proporsi penempatan investasi dalam bentuk saham. Saat ini kebanyakan dana pensiun masih mengandalkan investasi obligasi dan penempatan deposito yang memberikan rasa aman.

Di samping itu, penilaian kinerja menajer investasi secara absolut tahuanan memicu kecenderungan memilih jalan aman daripada investasi saham yang lebih fluktuatif. Penilaian kinerja perlu disesuaikan dengan kebijakan investasi sehingga memberikan penilaian investasi sehingga memberikan penilaian prestasi yang wajar.

Sebagai contoh, Jamsostek (raksasa investor domestik dengan asset lebih kurang sebesar Rp. 40 triliun) mengalokasikan investasi dalam saham hanya sekitar 10 persen dari total asetnya.

Sebenarnya, apabila dilihat dari kondisi demografi di Indonesia, alokasi investasi saham dapat ditingkatkan samapi lebih dari 50 persen dari total asal yang dikelola.

Hal lain yang mungkin telah menghambat perkembangan pasar modal adalah keterbukaan dan perlindungan terhadap investor, terutama investor minoritas. Salah satu dampak dari persepsi bursa yang kurang akomodatif terhadap investor adalah valuasi perusahaan yang lebih rendah dari pada perusahaan sejenis di negara yang lain.

Contoh ekstremnya adalah perusahaan local yang ternyata bias mendapatkan valuasi yang lebih menarik di negara jiran. Belakangan ini banyak perusahaan yang mempunyai basis kegiatan di Indonesia justru mencatatkan diri di bursa Singapura.

Hal ini karena bursa Singapura dipersepsikan mempunyai citra yang relatif bersih (keterbukaan) dan aman (perlindungan investor) sehingga valuasi saham lebih merefleksikan nilai perusahaan yang sesungguhnya. Ini merupakan insentif bagi calon emiten untuk mencatatkan diri di Singapura, sekalipun harus memberikan informasi tambahan yang jauh lebih banyak dan rumit.

3. Peran Para Pihak

Pemerintah telah memainkan sebagian peranannya dengan baik, yaitu menjaga stabilitas perekonomian yang menjadi prasyarat utama agar kinerja emiten bias optimal. Pemerintah juga perlu mencermati tingkat pajak perseroan sehingga tetap kompetitif secara regional. Dengan demikian, bukan saja meningkatkan minat investasi di Indonesia, tetapi juga bias menarik minat perusahan untuk go publik. Di sisi lain pemerintah seharusnya mengmbau dana pensiun terutama milik BUMN, untuk lebih optimal dalam mengelola dananya.

Bapepam yang merupakan pengawas pasar modal mempunyai peranan penting dalam rangka transparansi dan perlindungan investor minoritas.

Bapepam harus menjaga serta meningkatkan fungsi pengawasan secara efektif dan efisien. Bersama dengan pemerintah, Bapepam perlu mengembangkan instrumen pasar modal, seperti opsi saham guna meningkatkan efisiensi pasar.

Disamping itu, Bapepam dapat memberikan masukan guna mempercepat regulasi pajak yang berpihak pada perusahaan terbuka. Yang tidak kalah pentingnya adalah Bapepam perlu mendukung kesinambungan pendidikan bagi investor ritel maupun institusi local. Satu pemeran penting lainnya adalah para pialang yang merupakan anggota bursa. Para pialang merupakan jembatan penghubung antara emiten dan investor.

Oleh karena itu, pialang diharuskan menyediakan pelayanan yang optimal serta menjaga integritas pasar modal. Tugas utama pialang adalah mewakili kepentingan nasabah di pasar modal. Di samping itu, pialang wajib memberikan nasehat investasi yang sesuai dengan profil nasabahnya.

Laporan riset yang mempunyai pendapat yang independen dan seimbang menjadi salah satu sarana yang efektif bagi nasabah untuk mengetahui potensi keuntungan dan resiko dan investasinya. Peluang terjadinya manipulasi perdagangan perlu dihindari dengan penegakan hukum yang tegas. Bursa saham kita telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Dari sisi kapitalisasi pasar, misalnya kapitalisasi pasar kita pernah mencapai sampai 40,4 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada Tahun 1996. Namun, krisis ekonomi yang melanda kita telah memberikan dampak negatif terhadap pasar modal. Berbagai perkembangan yang kurang menguntungkan telah menghalangi perkembangan bursa saham pascakrisis.

Masalah stabilitas politik, masalah ketidakpastian hokum, masalah otonomi daerah, masalah belum tuntasnya restrukturisasi utang perusahaan-perusahaan di Indonesia, dan masalah dunia perbankan telah memperburuk iklim investasi di Indonesia. Hal itu juga turut mengurangi daya tarik berinvestasi di pasar saham.

Tetapi dalam tiga tahun terakhir ini, terlihat perkembangan yang cukup positif, dimana kapitalisasi pasar mengalami kenaikan yang konsisten.

Keadaan makro ekonomi yang stabil yang terlihat dari laju inflasi yang lebih terkendali, nilai rupiah yang relatif stabil dan suku bunga yang relatif rendah telah menimbulkan harapan membaiknya kinerja perusahaan.

Akibatnya, insentif para investor terhadap saham-saham yang tercatat di bursa kita meningkat sehingga kapitalisasi dan likuiditas dari bursa saham kita terdorong naik.

4. Manfaat Pasar Modal

Bagi Emiten (Peminjam Dana) :

Ø Jumlah dana lebih besar.

Ø Dana dapat diterima sekaligus, setelah pasar perdana selesai.

Ø Perusahaan lebih bebas dalam pengelolaan dana.

Ø Solvabilitas tinggi, sehingga memperbaiki citra perusahaan.

Ø Ketergantungan emiten ke bank, kecil.

Ø Cash flow biasanya lebih besar dari nominal.

Ø Emisi saham cocok untuk membiayai perusahaan yang beresiko tinggi.

Ø Tidak ada baban finansial yang tetap.

Ø Jangka waktu penggunaan dana tidak terbatas.

Ø Tidak dikaitkan dengan kekayaan untuk jaminan tertentu.

Ø Propesionalisme dalam manajemen meningkat.

Bagi Investor (Pemilik Dana) :

Ø Nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi.

Ø Memperoleh deviden/bunga.

Ø Mempunyai hak suara dalam RUPS/RUPD.

Ø Dapat dengan mudah mengganti instrumen investasi dari saham A ke B, sehingga mengurangi resiko/tingkatkan keuntungan,

Ø Dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen.

KESIMPULAN

Pasar modal merupakan salah satu sumber pendanaan yang sangat penting dalam era globalisasi ini, dan oleh karena itu harus dipupuk terus. Pasar modal harus menarik bagi emiten maupun investor. Oleh karena itu, pemerintah, pengawas pasar modal, bursa dan para pialang mempunyai tugas masing-masing yang berkaitan guna menciptakan pasar modal yang sehat, bersih dan memiliki daya saing yang tinggi. Pasar modal merupakan salah satu bagian dalam pembangunan negara.

Menurut Presiden No.52 Tahun 1976, tentang pasar modal, Bab 1 pasal 1 :

Pasar modal adalah bursa efek, bursa-bursa perdagangan di Indonesia yang didirikan untuk perdagangan uang dan efek. Bursa adalah gedung atau ruang yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek. Efek adalah setiap saham, obligasi atau bukti lainnya, termasuk sertifikat atau surat pengganti serta bukti sementara dari surat-surat tersebut, bukti keuntungan dan surat-surat jaminan, opsi, obligasi atau bukti pernyataan dalam modal atau pinjaman lainnya serta setiap alat yang lazim disebut efek.

Adapun menurut Marzuki Usman adalah :

Pasar modal adalah pelengkap disekitar keuangan terhadap dua lembaga lain yaitu bank dan lembaga pembiayaan. Pasar modal memberikan jasanya yaitu menjembatani hubungan antara pemilik dana dalam hal ini disebut sebagai pemodal ( investor ), dengan peminjam dana dalam hal ini disebut dengan nama emiten ( perusahaan yang go publik ). Para pemodal meminta instrumen pasar modal untuk keperluan investasi portopolionya sehingga pada akhirnya dapat memaksimumkan penghasilan.

Pasar modal yang demikian akan menjadi sumber pencarian dana yang menarik bagi perusahaan. Pada saat yang bersamaan menyediakan alternatif investasi yang menjanjikan bagi para investor.

Bapepam yang merupakan pengawas pasar modal mempunyai peranan penting dalam manjaga keterbukaan informasi dalam rangka transparansi dan perlindungan investor minoritas.

Bapepam harus menjaga serta meningkatkan fungsi pengawasan secara efektif dan efisien. Bersama dengan pemerintah, Bapepam perlu mengembangkan instrumen pasar modal, seperti opsi saham guna meningkatkan efisiensi pasar.

Disamping itu, Bapepam dapat memberikan masukan guna mempercepat regulasi pajak yang berpihak pada perusahaan terbuka. Yang tidak kalah pentingnya adalah Bapepam perlu mendukung kesinambungan pendidikan bagi investor ritel maupun institusi local. Satu pemeran penting lainnya adalah para pialang yang merupakan anggota bursa. Para pialang merupakan jembatan penghubung antara emiten dan investor.

Hal lain yang mungkin telah menghambat perkembangan pasar modal adalah keterbukaan dan perlindungan terhadap investor, terutama investor minoritas. Salah satu dampak dari persepsi bursa yang kurang akomodatif terhadap investor adalah valuasi perusahaan yang lebih rendah dari pada perusahaan sejenis di negara yang lain. Pasar modal mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis.

19 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

 Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizaabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

Betty Whitlock mengatakan...

Hello where you rejected by the bank and you need loan for home, bills, project,secured and unsecured loan, taxes, personal loan, buy a car, to create your own business, family debts or to make a restaurant or a hotel upgrade, face financial break deadlock cause by banks, by rejecting loan application file?

I am able to fund you the amount you need from the ranging of $20,000-$50M and above worldwide Interest rates of 2%. Terms and conditions that makes life easier. Bank are forbidden you or you didn't have the favour of bank, for more info Kindly contact me via



WhatsApp : +15105565941



Text : +15105565941



Email : bettywloanfirm@gmail.com

Lady Lianmey mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman seperti itu, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

MRS KABU LAYU mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan saya tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang merupakan CEO dari Maria Loan. perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak untuk nona Maria telah membuat hidup adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243-8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Nama saya kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

Terima kasih semuanya.

hadi emi mengatakan...

GOODNEWS INDONESIA
Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya adalah hidup selamanya jadi saat saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menghubungi saya di 08137449585 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

Mrs Rebecca mengatakan...

Perhatian

Sir / Madam.Mega Tawaran Pinjaman !!!

Kami menawarkan pinjaman dari jumlah minimum 50.000,00 hingga 20 juta Euro, Dolar & Pound-sterling di REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM. Apakah Anda mencari pinjaman untuk semua jenis tujuan, Pinjaman Bisnis, Kredit Pribadi, Hipotek, Kredit Mobil, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Tanpa Jaminan, Modal risiko, dll.
Anda berada di tempat yang tepat Solusi pinjaman Anda! Saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang meminjamkan Perorangan dan Bisnis dengan tingkat bunga rendah dan tingkat bunga terjangkau 5%.

* Jika Anda sangat serius seperti saya, kami akan menyelesaikan transaksi ini dengan 7 hari kerja Perbankan sejak tanggal mulai. Kami memiliki Cabang dan Lembaga Kliring di beberapa negara seperti: Cabang Turki, Cabang Inggris, Cabang Amerika Serikat, Cabang Jepang, Cabang Indonesia dan Afrika Selatan dan lainnya,

CATATAN: Minimum 1 tahun dan maksimum 20 tahun tergantung pada jumlah pinjaman yang Anda butuhkan. Pelanggan harus berusia di atas 35 tahun. Transaksi pinjaman ini adalah
Jaminan 100% untuk pelanggan serius.
Email Kontak: rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
Terima kasih.

Alta Finance LLC mengatakan...

PROGRAM PINJAMAN MUDAH
Selama masa ekonomi yang tidak pasti ini, banyak orang mendapati diri mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Apakah itu untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, konsolidasi utang atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Di Alta Finance LLC, kami berspesialisasi dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien. Hubungi kami hari ini menggunakan email perusahaan kami: altafinancellcfunding@gmail.com atau melalui teks +1 702 805-0119

Susanti mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya segera ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan . Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu jumlah $ 5.500 USD, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk meminta nasihat tentang cara mendapatkan pinjaman secara online, kami membahas masalah ini dan kesimpulan kami menceritakan tentang seorang wanita bernama Ny. Rebecca Williams yang merupakan Pendiri / CEO dari Rebecca Williams Loan Firm. Saya mengajukan jumlah pinjaman ($ 35.000) dengan suku bunga rendah, mudah disetujui tanpa stres dan persiapan dilakukan untuk mentransfer dana pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari dua (2) hari dan pinjaman itu dimasukkan ke dalam rekening bank saya. Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah $ 35.000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya yang sebenarnya kepada saya yang mampu mengabulkan keinginan hati saya. Terima kasih banyak kepada Mrs. Rebecca Williams untuk menjadikan hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rebecca Williams dengan ramah melalui email rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda. Jadi terima kasih banyak karena Anda telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Susanti, Anda dapat menghubungi saya untuk arahan lebih lanjut melalui email saya: susantiutamij@gmail.com. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Salam semuanya, Nama saya Gary Hoffman dan saya di sini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman kedua dari ALTA FINANCE LLC. Saya mendapat pinjaman sebesar IDR 730 juta setelah saya menyelesaikan langkah-langkah mudah dan memberikan persyaratan untuk jumlah yang ingin saya pinjam. Saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman atau segala bentuk pendanaan di situs ini harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu, ALTA FINANCE LLC adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100% Anda dapat menghubungi mereka melalui email perusahaan altafinancellcfunding@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi email pribadi saya garyhoffmanpm@gmail.com

Terima kasih.

NURBRAYANI mengatakan...

Negara: Indonesia
WhatsApp: +62 838-3669-4853
Alamat: Surabaya
email saya: nurbrayani750@gmail.com
nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang dapat diandalkan. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahanSaya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)  
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)  

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)  

OKTA MIRA mengatakan...

Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 untuk pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena inilah yang paling tidak saya duga sehingga teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri semua bisnis terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
Courtesy:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

OKTA MIRA mengatakan...

Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 untuk pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena inilah yang paling tidak saya duga sehingga teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri semua bisnis terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
Courtesy:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Selamat siang Pak / Nyonya

Kami Menawarkan Pinjaman kepada badan-badan Swasta dan Komersial dengan tingkat bunga tahunan yang sangat rendah, yaitu pembayaran kembali 3%, 1 tahun hingga 25 tahun. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 5.000 hingga 500.000.000. Ini untuk memberantas sejarah Bad Credit yang terus tumbuh, dan juga untuk menghasilkan laba yang stabil bagi perusahaan dan klien kami.

Apakah Anda kurang tidur di malam hari mengkhawatirkan cara mendapatkan Pinjaman? Hubungi: Agen Pinjaman Paul sekarang melalui E-mail: paulhelpfund@yahoo.com atau WhatsApp: +91 733 787 3110

Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga rendah 3% dan, kami menawarkan.

*Pinjaman pribadi
* Pinjaman konsolidasi hutang
*Modal usaha
* Pinjaman bisnis
* Pinjaman pendidikan
* Pinjaman rumah
* Pinjaman dengan alasan apa pun

Untuk Informasi Lebih Mendesak Dapatkan Kembali Ke Kami Segera. paulhelpfund@yahoo.com atau WhatsApp: +91 733 787 3110
Salam
Tuan Paul Moritz

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Hubungi kami:
                                            via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019
Untuk Pertanyaan, silakan Christabel Layanan Pelanggan - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami whatsApp nomor +19177461022
Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com
mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

Aisha Nayla mengatakan...

Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar Rp300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christabel Missan World Loan Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman Rp500.000.000.000.

Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak penipu di internal, jadi jika Anda memerlukan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat, hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany @ gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: aishanaylad@gmail.com.
Nomor whatsApp saya +6283867549567
juga facebook saya: aishanaylad@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi ibu Christabel yang baik
nomor whatsApp +15614916019

Dan Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Liliyana, email: liliyanabasuki@gmail.com
terima kasih allah itu luar biasa.

Ridwan Gunawan mengatakan...



Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, silahkan klik Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah

Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia : Grosir Jilbab Murah di Indonesia.