Senin, 27 Oktober 2008

PARIWISATA

SEBUAH PENGEMBANGAN PARIWISATA

KABUPATEN SUKABUMI

Asep M. Ramdan

1. Latar belakang

Kabupaten Sukabumi merupakan Kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang se-Jawa-Bali, hal ini tentu menjadi tantangan yang berat bagi pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mengembangakan menjadi salah satu Kabupaten yang maju di tanah air Indonesia.

47 Kecamatan yang menjadi Asset Kabupaten Sukabumi tentu merupakan kekuatan jika di kelola dengan baik dan professional, tetapi keterbatasan di berbagai aspek membuat sulit pemerintah kabupaten sukabumi untuk mengembangkan seluruh kecamatan secara merata.

Kabupaten Sukabumi yang memiliki jarak ± 150 km dari arah Jakarta dan ± 95 km dari arah Bandung dengan struktur alam yang terdiri dari Pegunungan, Rimba, laut pantai dan sungai, struktur alam tersebut merupakan potensi yang masih harus dikelola serta dikembangkan dan pada akhirnya dapat menjadi nilai tambah bagi pemerintah kabupaten sukabumi.

Struktur alam yang dimiliki Kabupaten Sukabumi sejauh ini telah menjadi daya tarik bagi orang yang berkunjung ke Kabupaten Sukabumi dengan tujuan berwisata, tetapi penataan yang belum maksimal membuat orang yang berwisata enggan kembali untuk berkunjung lagi dimasa mendatang.

Melihat fenomena diatas akan lebih baik jika potensi pariwisata dikelola serta dikembangkan dengan baik sehingga dapat meningkat kesejahteraan mayarakat Kabupaten Sukabumi serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukabumi.

2. Analisa kekuatan dan kelemahan pariwisata Kabupaten Sukabumi

Sebelum merenacanakan pengembangan pariwisata kabupaten sukabumi, terlebih dahulu harus dipahami kekuatan serta kelemahan potensi pariwisata yang ada dikabupaten sukabumi, adapun kekuatan serta kelemahan pada potensi pariwisata Kabupaten Sukabumi adalah :

2.1 Kekuatan

Kekuatan pariwisata sukabumi terletak pada struktur alam yang dimiliki Kabupaten Sukabumi yaitu

a. Pegunungan

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango memiliki daya tarik diantaranya

- Bumi Perkemahan Cinumpang dan Pondok Halimun

- Curug Sawer

b. Taman Rekreasi

- Taman Rekreasi Cimalati

- Taman Rekresi Selabintana

- Kebun Bungan Pasir Halang Sukaraja

c. Goa

- Goa Lalay Palabuan Ratu

- Goa Wanawisata Buniayau nyalindung

- Dan masih banyak goa-goa lain yang belum disentuh rencana pengembangan pariwisata

d. Pantai

- Pantai disepanjang jalan Palabuan Ratu

- Pantai Pangumbahan Ujung Genteng

Sebetulnya masih banyak potensi pariwisata lain yang belum tersentuh oleh rencana pengembangan Pariwisata di kabupaten Sukabumi, hal ini akan dapat diketahui melalui penelitian yang lebih lanjut agar asset-asset wisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi semakin banyak yang diketahui.

2.2 Kelemahan

Adapun kelemahan Kepariwisataan di Kabupaten sukabumi adalah

- Sulitnya aksesibilitas dari daerah keberangkatan wisatawan menuju lokasi wisata dikabupaten Sukabumi

- Infra struktur untuk menuju daerah tujuan wisata tidak menunjang untuk kegiatan wisata dikabupaten Sukabumi

- Tidak adanya system informasi pariwisata Kabupaten Sukabumi yang mudah diakses oleh calon wisatawan

- Kurang memeadainya akomodasi di daerah tujuan wisata kabupaten Sukabumi

- Tidak jelasnya aturan pemerintah kabupaten sukabumi mengenai pariwisata daerah

- Terbatasnya Jumlah Organisasi Pariwisata di Kabupaten Sukabumi

- Tidak tertatanya para peadagang di daerah tujuan wisata

- Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga serta melestarikan lingkungam di aderah tujuan wisata

Sebetuhnya masih banyak kelemahan kepariwisataan Sukabumi, tetapi kiranya hal diataslah kelemahan yang paling mendasar berkenaan dengan kepariwisataan Kabupaten Sukabumi.

3. Rencana Pengembangan Pariwisata Kabupaten Sukabumi

Pengembangan pariwisata di Kabupaten Sukabumi tidak akan berjalan dengan baik jika di didasari oleh Pijakan dasar pariwisata kabupaten sukabumi serta Organisasi pariwisata daerah kabupaten Sukabumi.

3.1 Pijakan Dasar Pariwisata Kabupaten Sukabumi

a. Visi

Kekuatan dan kelemahan kepariwisataan kabupaten sukabumi merupakan dasar dari perumusan Visi kepariwisataan kabupaten sukabumi, disini penilis menawarkan visi berkaitan dengan pariwisata kabupaten sukabumi :

“Mejadikan Kabupaten Sukabumi sebagai Salah Satu Daerah Industri Pariwiata utama di Indonesia

b. Misi

Pijakan dasar kedua sebagai upaya mewujudkan dalam upaya mewujudkan tujuan dasar (visi) kepariwisataan Kabupaten Sukabumi menawarkan Misi sebagaiberikut

v Mengembangkan pariwisata agar memperoleh manfaat ekonomi dan sosial di Kabupaten Sukabumi

v Menciptakan Peningkatan kinerja pariwisata sebagai suatu industri untuk meningkatkan kesempatan berusaha, kesempatan bekerja bagui masyarakat serta mendorong konservasi alam di Kabupaten Sukabumi

v Mendorong terciptanya suatu keseimbangan antara peningkatan pariwisata dengan kemampuan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan hidup dan warisan budaya kabupaten Sukabumi.

3.2 Penyusunan Organisasi Kepariwisataan Kabupaten Sukabumi

Sesuai dengan visi kepariwisataan Kabupaten Sukabumi diatas yang menjadi kan sukabumi sebagai daerah industri pariwisata, maka susuna organisasi yang cocok adalah sebagai berikut :

    1. Direktur Utama

Direktur utama memiliki peranan dalan melakukan perencanaan, pengawasan serta melakukan koordianasi dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingn terhadap kepariwisataan kabupaten Suakabumi seperti calon Investor baik dalam negeri maupun investor asing, hal ini dilakukan karena pariwisata membutuhkan investasi yang sangat besar. Melakukan koordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, melakukan koordinasi dengan direktur-diretktur lain agar pencapaian Visi dan Misi dapat diwujudkan.

    1. Direktur Pemasaran

Direktur pemasaran memiliki peran dalam merencanakan perjalan wisata para wisatawan mulai dari tempat mereka tinggal menuju daerah tujuan wisata dan kembali kedaerah masing-masing. Selain itu direktur pemasaran memiliki peran dalam mempromosikan pariwisata kabupaten sukabumi salah satunya dapat dilakukan dengan merencanakn sistem informasi pariwisata kabupaten sukabumi sebagai satu upaya mengkomunikasikan keadaan kepariwisataan dikabupaten Sukabumi dengan calon wisatwan potensial yang akan berkunjung ke kabupaten Sukabumi.

Jika memungkinkan direktur pariwisata melakukan strategi segmentasi pasar pariwisata hal ini dilakukan karena melihat wisatawan yang potensial ingin berkunjung ke Kabupaten Sukabumi sangat heterogen, jika segmentasi pasar dilakukan memungkinkan pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat memperoleh keuntungan yang relative lebih besar dari strategi penetapan harga pada berbagai segmen pasar wisata.

    1. Direktur Penelitian Dan Pengembangan

Direktur ini memiliki peran untuk melakukan penelitian sebagai upanya pengembangan kepariwisataan dimasa yang akan datang. Karena luasnya kabupaten Sukabumi penelitian harus dilakukan dengan melibatkan personal yang relative lebih banyak dan jika dimungkinkan harus menggunakan tenaga ahli di bidang penelitian pariwisata

    1. Direktur Keuangan

Direktur ini memiliki peran dalam menyusun anggaran, pengalokasian serta pengendalian dana berkaitan dengan kepariwisataan kabupaten Sukabumi, serta melakukan pengawasan kepada setiap pintu masuk daerah wisata dikabupaten Sukabumi, hal ini untuk menghidari penyimpangan dari biaya retribusi wisatawan yang masuk kedaerah wisata.

    1. Direktur Produksi

Direktur ini berperan menyediakan semua bentuk pelayan pariwisata dan melakukan penataan terhadap daerah-daerah wisata dikabupaten Sukabumi penataan masalah akomodasi, terutama berkaitan dengan penertiban para pedagang. Jika hal ini dilakukan maka wisatawan yang dating akan merasa betah dan tidak terganggu oleh keberadaan pedagang yang tidak teratur.

    1. Direktur lain yang relevan dalam pengembanga Pariwisata.

4. Faktor-Faktor dalam mengembangkan industri pariwisata

Industri pariwisata berbeda dengan industri yang lain, industri ini sangat kompleks karena merupakan kombinasi dari tiga komponen yang sangat penting serta harus menjadi pertimbangan utama dalam upaya pengembangan industri pariwisata, tiga komponen ini saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya, komponen-komponen tersebut adalah :

  1. The Accessibilities Of The Destination

Yaitu semua factor yang dapat memberikan kemudahan kepada wisatan untuk berkunjung ke daerah wisata di KAbupaten Sukabumi. Seperti

- Terseedianya Prasarana Pelabuhan, terminal, stasiun kereta Prasarana jalan dan jembatan

- Kemudahan untuk memperloeh Visa unjung (jika Tourist Asing)

- Penetapan Tarif yang tepat

- Tersedianya Sistem Informasi Pariwisata

  1. The Fasilities Of the Destination

Yaitu Semua bentuk yang dapat memberi atau melayani kebutuhan wisatawan, seperti :

- Hotel dan bentuk akomodasi lainnya

- Restourant

- Pusat Hiburan

- Pusat Perbelanjaan Cindera mata, pusat Kerajinan, pusat kesenian, serta gallery art lainnya

  1. The Tourist Attractions of the Destination

Yaitu semua bentuk yang menjadi daya tarik mengapa wisatawan datang kekabupaten Sukabumi, seperti :

- Tempat wisata alam

- Taman rekreasi

- Gaya hidup (seperti kampung abah anom)

5. Penutup

Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata yang sangat menjajikan jika dikelola dengan baik akn memperoleh keuntungan yang besar dan akan menjadi nilai tambah terhadap pendapatan asli daerah kabupaten Sukabumi, bukan suatu hal yang mustahil jika pengelolaan dilakukan dengan professional pariwisata kabupaten sukabumi menjadi industri pariwisata utama di Negara Indonesia.

Pelayanan Prima memegang kunci utama dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Sukabumi dengan memperhatikan tiga elemen industri pariwisata, sebab dengan pelayanan yang baik wisatawan merasa nyaman berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.

Tidak ada komentar: